Peluang Usaha menggunakan Hobby

1.1 Abstrak

Di dunia ini sangat banyak kegiatan yang digunakan untuk mengisi waktu luang. Mulai dari memasak, membaca, bahkan tidur. Tapi, ada salah satu waktu luang yang paling sering dilakukan saat era modern ini, yaitu dengan bermain game. Saat ini sedang maraknya turnamen yang berhadiah jutaan dollar yang sedang berlangsung di seluruh dunia seperti The International yang dilakukan oleh Valve Corporation untuk game yang dibuatnya, DoTA 2. Dengan maraknya turnamen dengan hadiah yang besar ini adalah sebagai bukti bahwa sekarang permainan yang dulu hanya digunakan untuk mengisi waktu luang kini telah dapat digunakan sebagai mata pencaharian.

1.2 Hobby yang menjadi pendapatan

Dengan melihat tingkat skill seorang pemain, apabila ia dapat menggunakan sebuah karakter dan dapat memainkannya dengan menggunakan keahlian yang sangat tinggi dapat mendatangkan penonton untuk dapat melihat keahliannya, mereka (pemain) dapat melakukan hal tersebut dengan menyimpan hasil permainan dan menguploadnya di YouTube atau dengan melakukan live streaming yang biasanya dilakukan di Twitch. Pemain yang biasanya disebut dengan streamer, biasanya memiliki ciri khas dan keperawakan sendiri agar dapat membedakan dirinya dengan pemain lainnya. Lalu, dengan keperawakannya itu sendirilah ia mencari penonton setia yang akan selalu menonton videonya.

Henrik
Henrik “Admiral Bulldog” Ahnberg

Salah satu streamer tersukses adalah Henrik Ahnberg atau yang biasa disebut sebagai Admiral Bulldog. Dia adalah  salah satu streamer tersukses yang telah mencetak lebih dari $100,000 dollar perbulan hanya dengan bermain game setiap harinya. Sebagai salah satu gamer professional dalam video game DoTA 2, ia telah menjuarai berbagai macam kompetisi yang bertemakan DoTA 2. Bedanya twitch dengan youtube adalah layanan yang disediakan oleh twitch dikhususkan untuk berkomunikasi langsung dengan penonton. Sedangkan di youtube hanya untuk mengupload hasil dari rekaman dan editan. Dan Henrik adalah orang yang memiliki periangai lucu di setiap stream yang ia lakukan. Ia bercanda dengan penontonnya sembari bermain, sehingga terjadi interaksi antara penonton dan streamer. Semakin sering ia melakukan interaksi dengan penontonnya, semakin banyak pula penonton yang menontonnya. Pernah saat saya sedang menonton live streamnya, saya mendapatkan videonya sedang ditonton secara langsung sebanyak 28,000 orang diseluruh dunia.

Di Universitas Amikom Yogyakarta, terdapat sebuah UKM yang mengumpulkan pemain DoTA 2 yang biasa disebut dengan ADC atau Amikom DoTA Club. Disana, pemain-pemain DoTA yang berasal dari mahasiswa Amikom itu sendiri berkumpul dan bermain bersama guna untuk meningkatkan skill mereka masing-masing. Dengan meningkatnya skill mereka, mereka akan semakin mahir dan memaksimalkan penggunaan karakter yang tersedia oleh permainan. Dan apabila sudah mencapai kemampuan yang dibutuhkan mahasiswa dapat melakukan stream seperti yang dilakukan oleh Henrik Ahnberg untuk mencari pendapatan dengan bermain game sambil kuliah.

sumber: hitung pribadi, btnsmash.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *