Peluang Usaha dari Tugas Kuliah

1.1 Abstrak

Bagi mahasiswa, tugas kuliah adalah hal yang melelahkan yang tidak menghasilkan apa-apa. Tetapi hal tersebut berbeda dengan apa yang dikembangkan oleh Andrew Darwis dan dua orang temannya. Pendiri Kaskus tersebut pada awalnya hanya bertujuan untuk membuat portal berita dari Indonesia yang telah diterjemahkan agar para mahasiswa Indonesia di luar negeri dapat melepas rindunya dengan membaca melalui portal web yang telah dibuat.

1.2 Jatuh Bangun Kaskus

Andrew Darwis, pendiri Kaskus
Andrew Darwis, pendiri Kaskus

Usut punya usut, pada saat itu kaskus tidak mendatangkan keuntungan bagi mereka sama sekali sehingga dua orang temannya keluar dari kaskus dan menyisakan Andrew Darwis seorang diri. Lemahnya kepengurusan kaskus pada waktu itu membuat Andrew Darwis kemudian menutup website kaskus. Tak beberapa lama, sepepunya, Ken datang ke Amerika hanya untuk bertemu dengan Andrew Darwis dan menjelaskan keadaan kaskus sesungguhnya di Indonesia yang dimana ternyata kaskus memiliki pengguna yang sangat besar pada waktu itu.

Tetapi, sejak membuat kepengurusan kaskus yang baru yang bersama dengan Ken. Kaskus yang dulu ditutup, setelah delapan bulan kemudian website tersebut dibuka lagi. Kali ini kaskus tidak lagi menjadi sebuah website portal berita. Tetapi menjadi website forum dan memasukkan semua berita dari berbagai macam sumber yang ada. Hal ini berperan penting karena orang Indonesia suka yang berisik menurut Andrew.

Dengan berkembangnya jumlah penggunanya hingga saat ini, kaskus menjadi salah satu pioneer digitalpreneur yang ada di Indonesia dengan total pengguna lebih dari 8jt baik dari dalam maupun luar negeri.

Dengan melihat pangsa pasar yang dilakukan oleh kaskus saat itu setelah mengetahui bahwa pada kenyataannya banyak yang menyukai kaskus, hal itu juga dilihat oleh Universitas AMIKOM Yogyakarta dengan cara memperhatikan kebutuhan pasar, yaitu lapangan pekerjaan dan peluang usaha. AMIKOM mengetahui bahwa kebutuhan lapangan pekerjaan, sehingga AMIKOM menyediakan banyak pilihan konsentrasi untuk memenuhi keadaan dimana perusahaan membutuhkan System Analist dan Programmer. Serta, apabila mahasiswanya tidak ingin bekerja dan ingin membuka usaha sendiri, AMIKOM telah membekali mahasiswanya dengan kemampuan softskill dan entepreneur yang telah didik sejak semester pertama.

sumber: wikipedia, Drs. Bambang Sudaryatno, MM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *